Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Layar Komputer

Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Layar Komputer

Cara Ampuh dan efektif menjaga kesehatan mata  


Komputer atau laptop merupakan bagian penting di dalam kehidupan manusia di jaman modern ini. Di jaman modern ini manusia berdampingan dengan teknologi seperti laptop, serta gadget entah untuk bekerja, hiburan, atau bermain game. Terlalu lama di depan komputer memang dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Dampak negatif tersebut diantaranya seperti lelahnya kinerja mata akibat terlalu sering menatap layar serta penambahan berat badan yang mengakibatkan perut buncit dikarenakan minimnya aktivitas fisik.

Oleh sebab itu untuk berada di depan monitor layar alangkah baiknya untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghindari efek tersebut. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari resiko dari efek tersebut. Untuk sekedar memberikan informasi, di bawah ini terdapat beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata di depan komputer.Berikut tips menjaga kesehatan mata saat di depan komputer :

1. Kecerahan layar monitor
Aturlah posisi dan kecerahan layar monitor sesuai dengan posisi yang paling nyaman untuk anda. Jangan mengatur tampilan layar menjadi terlalu cerah atau terlalu gelap agar anda tidak kesulitan dalam melihat monitor.

2. Gunakan Screen Protector
Usahakan untuk memasang Screen Protector untuk mengurangi pancaran radiasi dari layar monitor ke mata anda, sehingga tidak cepat membuat mata anda kelelahan saat melihat layar monitor.

3. Atur Jarak Pandang Mata
Aturlah jarak antara mata dengan monitor, idealnya jarak mata dengan monitor yang aman adalah 50 - 100 cm. Jangan memasang monitor terlalu dekat dengan mata kita karena akan membuat mata cepat lelah.

4. Istirahatkan Mata
Secara normal manusia akan berkedip sebanyak 18 kali selama satu menit, namun akan tetapi ketika kita menatap layar monitor mata kita akan jarang berkedip. Maka dari itu usahakanlah setiap 1 jam istirahatkan mata selama 5 menit saja tanpa menghadap monitor, agar mata anda tidak mudah iritasi atau mudah lelah. Lakukanlah Olahraga Mata sebagai pencegahan.

5. Alihkan Pandangan
Saat menatap monitor mata anda hanya akan tertuju pada satu objek saja yaitu monitor. Usahakanlah anda mengalihkan pandangan anda sejenak saja dari monitor, pandanglah pemandangan sekitar anda terutama pepohonan hijau jika ada. Hal ini dilakukan agar mata anda tidak cepat lelah juga, dan juga dapat mengusir pusing yang hinggap di kepala.

6. Konsumsi Buah dan Sayur
Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A sangat bagus dan baik bagi kesehatan mata anda, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar anda tidak kekurangan vitamin A sehingga anda tidak memiliki gangguan mata nantinya.

7. Periksa Mata
Agar anda tahu bagaimana kondisi mata anda jangan sampai lupa untuk melakukan pengecekan mata (check up) dan konsultasi kepada dokter spesialis mata. Usahakanlah setiap 3 bulan sekali anda memeriksakan kondisi mata anda, jika suatu saat  anda mempunyai keluhan maka akan segera mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya.

 Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda semua :)

Artikel terkait :


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Mata Dari Layar Komputer"

Posting Komentar